Dari D’Qiano Hingga ke Candi Arjuna, Dieng Sungguh Mempesona

Keceriaan di acara “Blogger Dolan Maring Banjarnegara” ternyata tidak begitu saja usai setelah acara rafting. Masih banyak rangkaian acara hingga esok hari.

Kalau lihat di rundown acara, hari ini jadwalnya ke Dieng. Yey!

Tapi sebelum ke Dieng, kita mampir dulu ke Taman Margasatwa Serulingmas. Kenalan sama salah satu orang hutan yang berhasil dilahirkan disini. Namanya Martin.

Sayangnya tak banyak yang bisa aku ceritakan disini, karena aku menghabiskan waktu di dalam bis, kepala sedikit pusing.

Ok skip, akhirnya kita lanjut ke Dieng. Menyusuri jalanan Banjarnegara-Karangkobar-Pejawaran-Batur-Dieng.

Beberapa yang suka travel sudah gak asing pastinya dengan dataran tinggi Dieng. Dataran tinggi yang terletak di ketinggian rata-rata sekitar 2.000 m di atas permukaan laut dan dengan suhu berkisar 12-20 °C di siang hari dan 6–10 °C dimalam hari, bahkan di musim kemarau (Juli-Agustus) suhu dapat mencapai 0°C.

Kalian bisa bayangkan bukan betapa dingginnya disana, jadi siapkan sarung tangan, kaos kaki, jaket dan tak lupa tanggal libur untuk segera menikmati pesona alam Dieng Plateu.

Bicara soal pesona alam, Dieng punya destinasi wisata yang gak kalah menarik dari daerah lain. Water park air panas, golden sunrise, kawah yang menawan, candi yang bediri megah, semua itu bisa kita nikmati di kawasan Dieng Plateu, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Nah, kita tilik satu persatu yuk keindahan alam Dieng yang sempat kita kunjungi kemarin.

  • D’Qiano (Water Park Air Panas)

D’Qiano sendiri belum lama buka didaerah Dieng, baru sekitar 1 tahun yang lalu, D’Qiano salah satu objek wisata yang unik di Dieng seunik namanya, jika kita mampir ke Dieng gak perlu bingung untuk mencari tempat penginapan yang cukup nyaman, karena D’Qiano bukan hanya membuka water park tapi juga dilengkapi dengan penginapan.

Ada 2 tipe kamar, single room dan double room.

foto: Afrianti

Dengan kamu menginap di D’Qiano, kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas disana. Kamu bisa berendam di air panas alami langsung dari mata airnya. Berendam di D’Qiano benar-benar memanjakan tubuh, karena suhu yang dingin membuat nyaman untuk berlama-lama berendam di air panas.

  • Bukit Scotter

Mungkin banyak yang belum mengenal Bukit Scotter, karena destinasi wisata ini juga terbilang baru di Dieng. Bagi kalian penggemar dan pemburu sunrise, penyuka fotografi, Bukit Scotter yang berada di sebelah utara desa Dieng Kulon sangat perlu kalian coba. Jarak tempuh sekitar 1 km perjalanan mendaki bukit, dengan medan tempuh yang mudah dan tidak memerlukan waktu lama, pastinya tidak akan membuat kalian terlalu lelah.

Foto: Lutfy
Foto: Lutfy

Menikmati pemandangan Dieng dari sudut yang berbeda, anda akan dimanjakan dengan berbagai panorama unik disetiap waktu dan setiap musim. Pagi hingga malam selalu menyuguhkan pemandangan yang berbeda dan mempesonga tentunya.

  • Kawah Sikidang

Pergi ke Dieng pastinya tidak akan melewatkan destinasi wisata yang satu ini ya. Kawah Sikidang ini termasuk kawang terbesar di Dieng, keistimewaan Kawah Sikidang ini berada di daerah yang datar, jadi para pengunjung tidak perlu bersusah payah jika ingin menikmati aktivitas vulkanik. Kawah Sikidang juga terkenal memiliki fenomena kolam kawahnya yang berpindah – pindah yang mirip dengan Kidang (Rusa), ada juga yang mengatakan kenapa diberi nama Kawah Sikidang karena dahulu dikawasan wisata terdapat banyak Kidang (Rusa).

sikidang

Seperti kawah yang lainnya, Kawah Sikidang juga memiliki kandungan sulfur atau belerang serta zat beracun, gas yang dikeluarkan akan sangat menyengat, oleh sebab itu para pengunjung disarankan untuk menggunakan masker dan mematuhi rambu-rambu yang tertera didekat kawah.

  • Candi Arjuna

Yap, siapa yang tidak tau akan Candi Arjuna, siapapun yang pergi ke Dieng maka tidak akan melewatkan Komplek Candi yang satu ini. Komplek Candi Hindu yang terletak dipusat kawasan Wisata Dieng ini terdiri dari lima Candi yang masing-masing namanya diambil dari kisah-kisah pewayangan Mahabarata. Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Candi Arjuna terletak paling utara dan berhadapan dengan Candi Semar sebagai pelengkap Candi Arjuna.

foto: PegiPegi
foto: PegiPegi

Candi Arjuna merupakan candi yang sangat sempurna dengan gaya arsitek menarik tapi sederhana, dan utuh dari alas candi hingga puncak candi yang berbentuk Padma atau sering disebut dengan bunga teratai. Di dalam Candi Arjuna konon terdapat air suci yang menggenang di dalam yoni. Konon air suci ini tak pernah habis atau kering meski di musim kemarau, entah datang dari mana air suci tersebut. Sampai sekarang juga masih dianggap sakral oleh masyarakat sekitar yang masih percaya.

**

Meski hanya beberapa tempat yang kita kunjungi, tapi kita cukup puas. Dan siap untuk famtrip famtrip yang lain (ngareeeep).

Jangan lupa, Ayo ke Banjarnegara!

Leave a Comment