Es Durian Legendaris yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota “ngapak” Purbalingga

Cuaca panas pasti enak dong minum yang seger-seger. Bagi kalian pecinta buah durian, ada menu dari buah satu ini yang memberikan sensasi berbeda dan pastinya menyegarkan.Kalian bisa menemukan menu istimewa di kios legendaris Es Durian Kombinasi Pak Kasdi yang berada di kota Purbalingga, kios Pak Kasdi menyediakan Es Durian yang punya cita rasa istimewa.

Dalam satu porsi ada buah durian dengan aroma yang tajam, santan segar, gula jawa cair, susu putih, es batu yang diserut, dan sedikit coklat cair diatasnya. Siapa yang tidak akan tergoda dengan kuliner yang satu ini, mengenai cita rasa sudah tidak diragukan lagi, yummy pastinya. Untuk satu porsi es durian original ini dibandrol dengan harga Rp 15 ribu saja.

Pak Kasdi mulai berjualan es durian sejak tahun 1980 dengan menggunakan tenda bongkar pasang, tapi karena ketekunan dan pripsinya yang selalu mempertahankan cita rasa, usahanya pun berkembang, hingga di tahun 1996 Pak Kasdi menyewa kios yang sekarang ditempatinya. Kini Pak Kasdi sudah memiliki tiga kios dengan dua cabang yang berada di kota Purwokerto. Kerja keras memang tak pernah bohong ya.

Kios yang sudah berdiri sejak tahun 1996 ini berada di dekat sungai Klawing yang terkenal dengan batu naga sui. Jika dari arah alun-alun,  jaraknya sekitar  satu kilometer kearah Timur. Kios Pak Kasdi ini berjejer dengan sejumlah kios makanan lainnya. Deretan kios makanan itu berada berseberangan dengan Markas Komando Distrik Militer 0702/Purbalingga.

Kios Pak Kasdi buka setiap hari dari pukul 09.00 wib sampai pukul 18.00 wib. Setiap harinya tidak ada kata sepi di kios ini, apalagi akhir pekan atau musim libur. Pengunjung yang datang bukan hanya dari Purbalingga saja tapi dari banyak kota.

Karena pengunjung yang begitu banyak, dalam satu bulan Pak Kasdi bisa menghabiskan kurang lebih 5.000 buah durian. Disamping buah durian lokal dari Purbalingga dan wilayah Banyumas, Pak Kasdi juga mendatangkan pula durian dari Lampung, Sumatra dan Sulawesi. Jadi meskipun durian termasuk buah musiman, Pak Kasdi tidak pernah kehabisan stok.

Buah yang dipilih juga tidak asal, Pak Kasdi memilih buah yang sudah masak sempurna. Dan untuk menjaga kesegaran dari buah durian, Pak Kasdi membukanya setiap hari. Tidak ada daging buah yang dibekukan untuk dijual esok hari, karena buah durian yang dibekukan kualitas aroma dan rasa jauh berbeda dengan yang baru dikupas.

Bukan hanya daging buah durian saja yang dijaga kesegarannya. Pak Kasdi selalu membuat santan segar dari kelapa yang baru diparut untuk menjamin rasa es durian yang nikmat.

Selain es durian yang original, kios ini juga menyediakan pilihan menu yang lain seperti es kelapa kopyor dengan harga Rp 12 ribu per mangkuk, es campur dengan harga Rp 9 ribu per mangkuk, es durian plus kelapa kopyor yang menjadi menu paling eksklusif, yakni Rp 23.000 per mangkuk, dan es duran kombinasi es campur dengan harga Rp 16 ribu.

Jadi bila kalian mampir ke kota “Ngapak” Purbalingga tak ada salahnya mencicipi EsDurian Legendaris Pak Kasdi.

Leave a Comment