Ke Dieng? Jangan Lupa Nyobain Buah Carica

Masih ingat tulisanku sebelumnya? Ya, ini masih lanjutan dari cerita perjalanan bersama blogger blogger kece dalam acara Famtrip “Blogger Dolan Maring Banjarnegara”. Kali ini aku akan menulis tentang salah satu makanan khas dataran tinggi Dieng, yaitu Carica.

Buah yang berasal dari Dataran Tinggi Andes, Amerika Selatan ini bisa kita temui juga di Indonesia daerah Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Tetapi ada sebagian yang mengatakan pernah menemukan buah ini juga di daerah Bali. Karena buah ini hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng,maka akan sulit didapatkan dengan mudah di daerah yang lainnya. Buah Carica sendiri memiliki ciri fisik mirip dengan buah pepaya pada umumnya, hanya saja buah Carica ini mempunyai ukuran yang lebih kecil.

Tidak banyak yang tau akan manfaat yang ada di buah Carica bagi kesehatan selain rasa yang manis dan segar. Padahal Carica sendiri mengandung banyak serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, Enzim papain, dan Kalsium. Dari kandungan yang terdapat di buah Carica tentu saja membuat buah ini banyak memiliki manfaat. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah carica :

  • Obat penyakit kulit dan kosmetik

Buah Carica dapat membentuk kolagen dalam tubuh. Buah muda yang dikeringkan dapat dijadikan serbuk yang dapat diolah menjadi obat penyakit kulit dan juga kosmetik. Kolagen yang dihasilkan dapam membuat kulit menjadi halus dan terhindar dari penuaan dini seperti menghindari kerutan pada wajah maupun tubuh.

  • Melancarkan Pencernaan

Kandungan vitamin C dan Serat yang tinggi memiliki khasiat melancarkan pencernaan tubuh. Karena dapat melancarkan pencernaan, ini juga berarti dapat membersihkan usus kita secara alami. Untuk usus sendiri buah Carica dapat menghilangkan bakteri jahat karena mampu menyeimbangkan keasaman atau pH pada usus kita.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Dalam buah Carica terdapat vitamin A yang sudah pasti baik untuk mata. Banyak yang berfikir kalau vitamin A didapat dari wortel, jadi buah Carica ini bisa menjadi alternatif lain bagi yang kurang suka dengan wortel.

  • Menambah Metabolisme tubuh

Kandungan Nutrisi, Serat, Vitamin dan juga Kalsium membantu tubuh untuk memiliki fisik yang lebih kuat dan terhindar dari virus juga bakteri.

  • Memberi Kehangatan

Banyak yang tidak tau, didaerah asalnya Amerika, buah Carica diolah menjadi minuman beralkohol, menurut mereka rasa minuman beralkohol dari buah ini sangat nikmat.

Dibalik segudang manfaat yang terkandung dalam buah Carica, ternyata buah ini memiliki keunikan yang belum banyak diketahui oleh kita seperti getah buah yang menyebabkan gatal pada kulit dan bahkan dapat melukai kulit, itu sebabnya setiap pengolahan buah ini selalu menggunakan kaos tangan tebal untuk melindungi tangan dari getah. Buah ini beberapa kali juga pernah dicoba ditanam di dataran tinggi yang lain, namun hasil yang diperoleh tidak semaksimal di Dataran Tinggi Dieng.

Walau Carica hanya ditanam oleh petani sebagai tanaman sampingan, namun ternyata hasil dari olahannya mampu menjadi sumber penghidupan yang menjanjikan. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Carica, tak heran buah ini menjadi primadona bagi masyarakat Dieng. Bahkan buah ini menjadi khas daerah Dieng. Walau tidak memungkiri jika di Bali juga terdapat buah Carica, tetapi sepertinya buah ini sudah melekat dan identik dengan Dataran Tinggi Dieng.

Gimana? Menarik bukan? So, jangan lupa kalau kalian mampir ke Dieng, wajib mencoba buah yang satu ini. Eh tapi, misal kalian kepingin tapi pas lagi nggak di Dieng, bisa cari kok di minimarket. Karena olahan carica sekarang sudah tersebar luas di luar Banjarnegara.

Leave a Comment